Acer Swift 5 : Laptop Untuk Kamu Yang Produktif

ACER SWIFT 5

Acer Swift 5 – Persaingan ketat terjadi di pasar laptop bertenaga dan ringan termasuk MacBook Air dan MacBook Pro terbaru dari Apple yang di tenagai oleh chip M2. Serta lini XPS 13 Dell yang selalu andal. Namun, Acer baru-baru ini membuat gebrakan dengan model Swift 5 yang di desain ulang dan semakin bertenaga. Yang telah menarik perhatian secara signifikan.

Laptop ini menawarkan desain yang mewah dengan trim emas. Serta di dukung oleh chip Intel Core i7 generasi ke-12 yang sangat kuat, layar 1600p yang cantik, dan SSD onboard 1TB yang sangat cepat. Yang menarik, harga Acer Swift 5 juga lebih terjangkau di bandingkan dengan pesaing terkenalnya dengan spesifikasi yang sebanding.

Harga dan Konfigurasi

Acer Swift 5 terbaru dapat ditemukan dalam satu konfigurasi (SF514-56T-797T) melalui toko online resmi Acer, Amazon, dan Walmart. Laptop ini dilengkapi dengan layar sentuh LCD 14 inci yang memiliki resolusi tajam 2560×1600. Serta prosesor Intel Core i7-1260P, RAM 16GB, dan SSD 1TB. Harganya adalah $1.499 atau Rp. 22.485.000.

Desain

Acer Swift 5 telah mengalami beberapa penyesuaian mewah yang meningkatkan daya tarik premiumnya. Meskipun desain Swift 5 sebelumnya cukup umum, versi terbaru ini memiliki tepi yang indah dengan perawatan emas anodized ganda. Termasuk pola garis potongan berlian yang sangat tipis menurut Acer, hampir sehalus rambut manusia.

Di kombinasikan dengan permukaan berwarna Mist Green, Swift 5 menjadi berdiri keluar dari kompetisi laptop ultra-tipis, tanpa terlihat berlebihan atau norak. Kombinasi warna yang cerdas, halus, dan bergaya, serta logo Acer berwarna emas kecil di bagian atas tutup laptop. Semakin meningkatkan daya tariknya.

Berbeda dengan laptop Acer yang lebih terjangkau, seperti Aspire 5, Swift 5 mengalami pengurangan ukuran yang signifikan. Dengan dimensi 12,2 x 8,4 x 0,59 inci dan berat hanya 2,65 pound, laptop ini sedikit lebih tebal dan lebih lebar daripada MacBook Air M2 terbaru dari Apple. Tetapi sedikit lebih ringan dari pesaingnya yang berbobot 2,7 pound. Meskipun sangat ringan, Acer Swift 5 memiliki bentuk yang kuat dan kokoh, berkat sasis aluminiumnya yang kokoh.

Seperti laptop Acer lainnya, keyboard Swift 5 sedikit terangkat saat membuka perangkat. Karena alas layar yang mendorong bagian belakang notebook ke atas. Meskipun perubahan ini cukup halus dan mungkin tidak terlalu di perhatikan oleh sebagian besar pengguna. Mereka yang tidak menyukai keyboard yang sepenuhnya datar pasti akan mengapresiasi fitur ini.

Tampilan

Layar Acer Swift 5 sangat menawan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, layar ini memiliki ukuran 14 inci dengan resolusi WQXGA (2560×1600) atau 1600p. Yang membuatnya lebih tajam daripada panel 1080p yang umumnya ada pada laptop lain. Pada resolusi tersebut, teks dan grafik terlihat sangat jelas.

Selain itu, layar Swift 5 juga memiliki rasio aspek 16:10. Yang membuatnya sedikit lebih tinggi daripada layar lebar 16:9 pada umumnya. Menurut pandangan saya, hal ini menjadi nilai plus.

Meskipun saat menonton video dengan format layar lebar standar akan muncul bilah hitam di bagian atas dan bawah. Namun ruang layar ekstra ini sangat berharga saat digunakan untuk penjelajahan web, menulis, dan kegiatan produktif lainnya. Dengan rasio layar-ke-bodi lebih dari 92%, bezel di sekitar layar ini tidak banyak membuang ruang pada keindahan layarnya.

Keberuntungan Swift 5 tidak berhenti di situ, karena layarnya juga menawarkan kecerahan dan kejelasan yang memuaskan. Dalam pengujian, kecerahan rata-rata layar ini mencapai 457 nits. Meskipun lebih rendah dari MacBook Air M2 yang mencapai 489 nits, namun masih tergolong cukup terang.

Meskipun panel IPS LCD seperti ini biasanya tidak sebaik pesaingnya yang menggunakan teknologi OLED dalam hal reproduksi warna. Namun layar Swift 5 ini memiliki gamut warna sRGB sebesar 131,7% dan ruang warna DCI-P3 sebesar 93,3%, yang membuatnya sulit ditemukan kesalahannya. Bahkan, dalam hal reproduksi warna, layar Swift 5 mengungguli MacBook Air M2 dan Dell XPS 13 OLED.

Satu hal lagi yang menarik, Acer Swift 5 dilengkapi dengan layar sentuh standar. Dan responsivitas layar sentuh Swift 5 sangat baik. Anda juga dapat menggunakan stylus untuk membuat anotasi pada dokumen, membuat sketsa, dan sebagainya.

Port

Acer tidak mengorbankan konektivitas pada Swift 5, meskipun desainnya yang ramping. Anda akan menemukan banyak pilihan port. Termasuk dua port USB-C/Thunderbolt 4 di sisi kiri, serta satu port USB-A dan satu port HDMI untuk menghubungkan monitor eksternal.

Port USB-C juga dapat digunakan untuk mengisi daya menggunakan pengisi daya dinding 65 W yang disertakan. Di sisi kanan laptop, terdapat satu lagi port USB-A, bersama dengan port headphone 3,5 mm dan slot kunci keamanan Kingston. Dalam hal konektivitas nirkabel, Swift 5 dilengkapi dengan standar terbaru Wi-Fi 6E untuk koneksi yang cepat dan handal ke router yang kompatibel.

Performa

Acer Swift 5 memberikan kecepatan yang tinggi berkat chip Intel Core i7-1260P generasi ke-12 terbaru. Yang memberikan peningkatan signifikan dibandingkan dengan model Core i7 sebelumnya. Dengan RAM 16GB, laptop ini memiliki daya yang cukup untuk penggunaan sehari-hari dan multitasking. Termasuk membuka banyak tab di browser dan streaming media.

Dalam pengujian benchmark Geekbench 5.4, Acer Swift 5 mencetak skor multi-core sebesar 9.859. Skor ini cukup impresif dan bahkan mengungguli M2 MacBook Pro 13 inci terbaru.

Namun, Acer Swift 5 tetap memiliki performa yang sangat baik untuk pengeditan foto dan pembuatan video jika dibandingkan dengan laptop-laptop lain pada kisaran harga ini. Sebagai perbandingan, pada pengujian video Handbrake. Laptop ini berhasil mentranskode klip 4K ke 1080p hanya dalam waktu 7:35. Lebih cepat daripada M2 MacBook Air Apple (7:52), meskipun sedikit lebih lambat dari M2 MacBook Pro (6:51). Namun, performa ini tetap mengungguli laptop Windows tahun lalu dengan chip i7 generasi ke-11 seperti Dell XPS 13 OLED (18:12).

SSD 1TB yang digunakan pada Acer Swift 5 juga sangat cepat. Dengan waktu duplikasi file multimedia senilai 25GB hanya dalam waktu 16 detik. Atau kecepatan transfer efektif lebih dari 1,67GB per detik.

Namun, Acer Swift 5 tidak didesain untuk bermain game kelas atas. Dengan GPU terintegrasi Intel Iris Xe, laptop ini dapat memberikan performa yang cukup untuk game gratis populer seperti Fortnite, Rocket League, dan League of Legends, tetapi tidak cukup untuk game AAA dengan grafis yang kompleks seperti Cyberpunk 2077. Meskipun begitu, laptop ini masih mampu menjalankan Fortnite dan Rocket League dengan resolusi yang lebih rendah dari 1600p dan pengaturan grafis yang lebih rendah, dan hasilnya masih lebih baik daripada Nintendo Switch.

Webcam

Bagi mereka yang sering menggunakan aplikasi rapat video seperti Zoom, Anda perlu tahu bahwa webcam 1080p pada Acer Swift 5 sangat berkualitas. Webcam ini mampu menangkap banyak detail dengan mengurangi kebisingan, serta menghasilkan reproduksi warna yang akurat bahkan dalam kondisi cahaya yang cukup terang. Menurut pengujian pribadi saya, webcam bawaan pada Acer Swift 5 adalah yang terbaik di antara laptop-laptop lain yang pernah saya uji.

Tentu saja, dalam kondisi pencahayaan yang sangat terang, webcam ini mungkin sedikit mengalami kendala dan mungkin menghasilkan sedikit noise. Namun, jika di bandingkan dengan kamera 720p pada MacBook Pro M1, webcam Acer Swift 5 jelas unggul dalam hal kualitas dan performa.

Daya Tahan Baterai

Laptop yang memiliki performa sekuat ini membutuhkan daya baterai yang serius untuk tetap optimal, namun Acer Swift 5 berhasil memenuhi harapan saya.

Dalam pengujian baterai yang menguras daya, di mana kecerahan layar di atur hanya 150 nits, Acer Swift 5 mampu bertahan sekitar 11 jam 25 menit. Hal ini lebih baik daripada Dell XPS 13 OLED tahun lalu yang hanya bertahan 7 jam 59 menit dalam pengujian yang sama, serta mengungguli Surface Laptop 4 yang bertahan 10 jam 46 menit. Meskipun demikian, MacBook Air terbaru dari Apple mampu bertahan lebih lama, yaitu 14 jam 6 menit, dan MacBook Pro M2 bahkan bisa bertahan hingga 18 jam 20 menit yang sangat mengesankan.

Namun, dalam penggunaan sehari-hari dengan mengatur kecerahan layar pada tingkat maksimal, Acer Swift 5 hanya mampu bertahan selama lima jam penuh. Itu pun dengan aktivitas yang cukup sederhana, seperti menjelajahi web, mengetik dokumen, dan streaming YouTube atau Spotify.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Laptop Performa Menurun dan Ngelag

Awalnya saya ada laptop performa menurun dan ngelag, panas, kipas berisik,dan tidak bisa menjalankan lebih dari dua aplikasi. Karena ingin Laptop saya kembali normal dan lancar, jadinya saya mencoba untuk cari tempat Service Laptop. Bingung nih cari tempat service laptop di mana, karena sebelumnya belum pernah ke tempat service laptop. Setelah saya cari-cari di Internet

Laptop Tidak Bisa Connect WiFi, Jangan Khawatir!

Jadi saya ada Problem Laptop tidak bisa Connect WiFi dan parahnya lagi ini laptop udah lemot banget. Yang mana awalnya WiFi ini masih bisa di perbaiki sendiri, sekarang wifi nya malah mati dan tidak muncul sama sekali. Saya kira hanya masalah kecil eh ternyata ketika searching di internet problemnya cukup serius. Harus mengganti part yang

Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot

Saya mau share nih Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot, yang mana laptop ini tuh sering banget Bluescreen dan lemot parah. Pas nyalain laptop aja lama banget sampa beberapa belas menit baru laptop nyala, udah gak bisa di pake deh pokoknya. Setelah searching tempat service recommended di Medsos, akhirnya nemu lah Bang Amin Gadget. Sebelum ke

Maintenance Laptop Panas dan Lemot

Maintenance Laptop panas dan lemot di Bang Amin IT Gadget sangat saya rekomendasikan banget. Disana laptop kita di cek dulu permasalahannya baru tinggal konfirmasi untuk perbaikkannya. Jadi gak asal tembak service ini itu, ganti ini itu, rusak ini itu. Udah dua kali saya service di Bang Amin IT dan hasilnya selalu memuaskan, dan pastinya jadi

Laptop Sering Ngelag Parah, Ini Solusi Tepat!

Saya baru membawa Laptop saya ke Bang Amin IT untuk diperbaiki karena Laptop sering ngelag parah. Sebelumnya saya sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi masalah ini, tetapi tidak berhasil dan masih tetap ngelag. Bingung juga mau diapain lagi, karena gak terlalu paham tentang laptop. Temen-temen juga gak terlalu paham soal permasalahan Laptop. Saya akhirnya memutuskan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo,
Chat WA kami untuk
KONSULTASI GRATIS
PENJEMPUTAN GRATIS

Bang Amin IT Gadget
Owner Alumni ITB
Amin Yahya Zefiansyah
Nim ID 13314051
Service Kasus Laptop dan Hp Mati, tidak nampil atau rada aneh
Harganya hanya 10% dari Unit Second saat ini
Diluar 10%, Pasti Konfirmasi.

Pengerjaan estimasi 1-3 Hari, lebih dari waktu ini, silahkan diambil.

Tim Khusus Bang Amin IT Gadget
Laptop dan Hp Standar

Tim Khusus Imacpoint
Segala Produk Apple

Tim Khusus Lexuspro
Gaming dan Spek Gahar.

Tim Recovery Data Indonesia
Khusus Penyelamatan Data di Hp, SSD, Harddisk dan Storage Media

Tim Bureaudatasolution.com
Khusus Penyelamatan Data storage Media Internasional

WA CS Qo'qo Konsultasi 0851 6288 6251
WA CS Lu'lu Konsultasi 0851 7417 5789
WA CS Bar'ro Konsultasi dan Sales 0851 7957 4785