Review Samsung Galaxy Book3 Pro 14 inci: Layar AMOLED Luar Biasa

SAMSUNG BOOK 3 PRO

Samsung Galaxy Book3 Pro – Laptop kecil Samsung Galaxy Book3 Pro 14-inci sangat luar biasa, meskipun tidak mencapai standar yang di tetapkan oleh pendahulunya. Meskipun demikian, itu masih menjadi salah satu ultrabook terbaik yang tersedia di pasaran saat ini. Dan harganya yang di tetapkan pada $1.449 lebih menarik di bandingkan MacBook Pro 14 inci. Namun, tetap menjadi produk premium yang terlihat jelas ketika Anda memulai menggunakannya. Layarnya benar-benar memukau, dengan tingkat kecerahan yang luar biasa, kontras yang dalam, dan warna yang sangat jelas. Desainnya secara keseluruhan terlihat sangat premium dengan eksterior paduan dan minimalis dengan logo Samsung terukir pada logam reflektif di tutupnya. Keyboardnya nyaman dan pengalaman panggilan video juga sangat bagus dengan webcam Full HD. Dan speaker serta mikrofon yang mengesankan untuk laptop seukuran itu.

Namun, setelah menggunakannya untuk beberapa waktu, di temukan beberapa kelemahan. Unit ini di lengkapi dengan prosesor Intel Core i5 generasi ke-13 yang memiliki performa yang baik tetapi RAM hanya 8GB dan SSD 256GB. Perbandingannya, MacBook Air M2 dengan harga yang sama memiliki memori terpadu 16GB. Meskipun 8GB sudah cukup baik, namun Book3 Pro mungkin kesulitan dalam menangani beberapa tugas berat atau membuka beberapa program secara bersamaan. Masa pakai baterainya juga tidak terlalu mengesankan. Meski demikian, Samsung Galaxy Book3 Pro juga tersedia dalam konfigurasi yang lebih bertenaga yang akan saya jelaskan saat membahas spesifikasinya. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun Book3 Pro adalah pilihan laptop produktivitas yang kuat untuk para profesional yang bekerja di kantor. Menjadi salah satu laptop terbaik dan memberikan nilai yang besar untuk uang yang Anda keluarkan.

Harga dan Ketersediaan

Meskipun Samsung Galaxy Book3 Pro tidak termasuk dalam daftar laptop terbaik yang murah. Namun masih memiliki nilai yang baik untuk uang yang di keluarkan. Ini sedikit mengejutkan, mengingat tampilannya yang terlihat seperti perangkat keras premium dan CPU Intel generasi ke-13 yang mahal.

Harga untuk Galaxy Book3 Pro bervariasi di setiap wilayah. Namun, harga awal untuk model ini adalah sekitar $1.499 /22,485,000. Harga $1.499 tersebut adalah untuk model dasar dengan Intel Core i7.

Jika dibeli dari Samsung, laptop ini di lengkapi dengan berbagai uji coba perangkat lunak, termasuk satu tahun Microsoft 365 dan dua bulan Adobe Lightroom.

Spesifikasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat banyak konfigurasi yang dapat disesuaikan pada Samsung Galaxy Book3 Pro yang dapat ditemukan di situs web Samsung. Disini telah di cantumkan daftar spesifikasi untuk model i5 14 inci. Tetapi perlu diingat bahwa elemen lainnya dapat diubah dan ukuran layar tidak menentukan jenis prosesor yang digunakan.

Salah satu elemen utama yang dapat disesuaikan adalah SSD, yang dapat dikonfigurasi hingga kapasitas 1TB tergantung pada kebutuhan pribadi Anda. Selain itu, kemampuan 5G LTE juga tersedia pada beberapa model di wilayah tertentu.

Samsung Galaxy Book3 Pro 14 inci
Harga$1.499
ProcessorIntel Core i5-1340P
GrafikGrafis Intel Iris Xe
RAM8GB LPDDR5
LayarAMOLED 14 inci 3K (2880 x 1800).
Penyimpanan256GB PCIe NVMe SSD
Ports2x Thunderbolt 4, 1x USB-A 3.2, HDMI 2.1, pembaca kartu MicroSD, colokan audio kombinasi
NirkabelWi-Fi 6E, Bluetooth 5.1 (5G LTE opsional)
Kamera1080p webcam
Berat1,17 kg
Ukuran31,2 x 22,4 x 1,1 cm

Desain

Galaxy Book3 Pro menunjukkan dirinya sebagai perangkat keras yang diproduksi dengan cermat pada hampir setiap kesempatan dan terlihat fantastis. Seperti model Book Pro sebelumnya, seluruh sasis eksteriornya terbuat dari logam yang disikat. Memberikan kesan tahan lama dan cukup ringan untuk dibawa-bawa. Layar AMOLED hadir dalam ukuran 14 inci dengan rasio aspek 16:10 dan resolusi 3K, memberikan pengalaman menonton konten video yang lebih baik. Layar AMOLED sangat cantik dengan kecerahan 400 nits dan kerapatan warna yang fantastis. Keyboard lebar dengan tombol lampu latar LED dan touchpad yang cukup besar dan kuat. Membuatnya nyaman untuk mengetik dan bekerja dalam waktu yang lama.

Galaxy Book3 Pro memiliki banyak port fisik pada tepi kanan dan kiri, termasuk dua port USB-C yang kompatibel dengan Thunderbolt 4. Satu USB-A, jack headphone, port HDMI, dan pembaca kartu MicroSD. Pembacaan sidik jari yang terpasang di tombol daya untuk keamanan. Sedangkan kamera IR untuk login Windows Hello tidak diadopsi oleh Samsung. Kamera 1080p yang solid dan speaker Dolby ganda memberikan kualitas panggilan video yang baik untuk laptop sekecil itu.

Meskipun ada sedikit kekurangan seperti engsel layar yang mungkin tidak sekokoh yang diinginkan. Dan lapisan logam yang mudah meninggalkan sidik jari, hal ini dapat diperbaiki dengan kain mikrofiber. Namun, secara keseluruhan, Galaxy Book3 Pro adalah salah satu ultrabook dengan desain terbaik saat ini.

Performa

Menurut pengalaman saya, persepsi mengenai Ultrabook profesional dapat berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, perangkat keras yang dianggap sebagai ‘Pro’ umumnya cocok untuk membuat konten profesional. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk Galaxy Book3 Pro.

Pertama-tama, CPU Intel Core i5-1340P di perangkat ini sangat kuat. CPU laptop Intel Generasi ke-13 ini dapat bekerja dengan baik. Dengan arsitektur split-core yang memungkinkan core ‘kinerja’ menangani pemrosesan utama sementara core ‘efisiensi’ menangani tugas latar belakang. Meskipun demikian, performa CPU tidak setara dengan chip M2 Pro yang terdapat di MacBook Pro baru (yang harganya jauh lebih mahal). Namun, laptop ini memiliki lencana Intel ‘Evo’ sehingga dapat dengan cepat bangun dari mode tidur dan kembali bekerja.

Sayangnya, kinerja grafis tidak setara dengan performa CPU. Meskipun silikon M2 Apple memiliki GPU terintegrasi yang sangat mumpuni. Grafis terintegrasi Intel Iris Xe yang terdapat di Galaxy Book3 Pro tidak setara. Dan menghambat beban kerja kreatif seperti rendering atau animasi 3D. Bahkan untuk bermain game, kinerja Galaxy Book3 Pro tidak terlalu bagus. Bahkan saat memainkan game yang relatif ringan seperti Sid Meier’s Civilization VI. Pada resolusi native 1800p, framerate yang dihasilkan kurang dari 30fps. Meskipun game yang dibuat khusus untuk perangkat keras kelas bawah seperti Valorant dapat berjalan dengan lancar.

CPU i5-1340P dapat dengan mudah menangani tugas komputasi sehari-hari tanpa masalah, dengan skor yang solid dalam tes GeekBench dan CrossMark. Namun, model i5 yang dibatasi RAM-nya hingga 8GB dapat menjadi kendala. Jika Anda berencana untuk menjalankan banyak perangkat lunak secara bersamaan. Meskipun CPU Intel dapat melakukan banyak hal dengan sedikit RAM, menjalankan banyak tab Chrome, Spotify, dan Slack di latar belakang dapat menimbulkan sedikit latensi saat beralih antar program. Oleh karena itu, RAM 16GB pada Galaxy Book3 Pro adalah hal yang menyenangkan untuk dilihat.

Daya Tahan Baterai

Penggunaan baterai pada Samsung Galaxy Book3 Pro terasa sangat menguras. Meski tidak ideal dan seharusnya lebih baik pada laptop AMOLED generasi ketiga, namun masih cukup bagus. Anda dapat menggunakan laptop ini untuk penggunaan umum selama 6 hingga 8 jam, dan dapat lebih lama lagi jika menggunakan fitur bawaan ramah lingkungan pada Windows 11.

Namun, jika dibandingkan dengan MacBook terbaru Apple, Galaxy Book3 Pro masih kalah jauh. Meskipun laptop ini memiliki bobot yang lebih berat dengan baterai yang lebih besar dan CPU yang diatur khusus, namun Anda masih bisa mendapatkan masa pakai baterai yang lebih baik dengan harga yang sama pada laptop lain. Meski tidak memiliki data uji coba yang tepat, mungkin model 16 inci dengan layar yang lebih besar memiliki baterai yang lebih tahan lama.

Berita baiknya, Galaxy Book3 Pro dapat diisi daya dengan cepat melalui port Thunderbolt 4-nya, dan pengisi dayanya mudah dibawa ke mana saja karena tidak memerlukan batu bata tebal. Sehingga, mengisi ulang baterai saat sedang bepergian tidak akan menjadi masalah.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Laptop Performa Menurun dan Ngelag

Awalnya saya ada laptop performa menurun dan ngelag, panas, kipas berisik,dan tidak bisa menjalankan lebih dari dua aplikasi. Karena ingin Laptop saya kembali normal dan lancar, jadinya saya mencoba untuk cari tempat Service Laptop. Bingung nih cari tempat service laptop di mana, karena sebelumnya belum pernah ke tempat service laptop. Setelah saya cari-cari di Internet

Laptop Tidak Bisa Connect WiFi, Jangan Khawatir!

Jadi saya ada Problem Laptop tidak bisa Connect WiFi dan parahnya lagi ini laptop udah lemot banget. Yang mana awalnya WiFi ini masih bisa di perbaiki sendiri, sekarang wifi nya malah mati dan tidak muncul sama sekali. Saya kira hanya masalah kecil eh ternyata ketika searching di internet problemnya cukup serius. Harus mengganti part yang

Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot

Saya mau share nih Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot, yang mana laptop ini tuh sering banget Bluescreen dan lemot parah. Pas nyalain laptop aja lama banget sampa beberapa belas menit baru laptop nyala, udah gak bisa di pake deh pokoknya. Setelah searching tempat service recommended di Medsos, akhirnya nemu lah Bang Amin Gadget. Sebelum ke

Maintenance Laptop Panas dan Lemot

Maintenance Laptop panas dan lemot di Bang Amin IT Gadget sangat saya rekomendasikan banget. Disana laptop kita di cek dulu permasalahannya baru tinggal konfirmasi untuk perbaikkannya. Jadi gak asal tembak service ini itu, ganti ini itu, rusak ini itu. Udah dua kali saya service di Bang Amin IT dan hasilnya selalu memuaskan, dan pastinya jadi

Laptop Sering Ngelag Parah, Ini Solusi Tepat!

Saya baru membawa Laptop saya ke Bang Amin IT untuk diperbaiki karena Laptop sering ngelag parah. Sebelumnya saya sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi masalah ini, tetapi tidak berhasil dan masih tetap ngelag. Bingung juga mau diapain lagi, karena gak terlalu paham tentang laptop. Temen-temen juga gak terlalu paham soal permasalahan Laptop. Saya akhirnya memutuskan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo,
Chat WA kami untuk
KONSULTASI GRATIS
PENJEMPUTAN GRATIS

Bang Amin IT Gadget
Owner Alumni ITB
Amin Yahya Zefiansyah
Nim ID 13314051
Service Kasus Laptop dan Hp Mati, tidak nampil atau rada aneh
Harganya hanya 10% dari Unit Second saat ini
Diluar 10%, Pasti Konfirmasi.

Pengerjaan estimasi 1-3 Hari, lebih dari waktu ini, silahkan diambil.

Tim Khusus Bang Amin IT Gadget
Laptop dan Hp Standar

Tim Khusus Imacpoint
Segala Produk Apple

Tim Khusus Lexuspro
Gaming dan Spek Gahar.

Tim Recovery Data Indonesia
Khusus Penyelamatan Data di Hp, SSD, Harddisk dan Storage Media

Tim Bureaudatasolution.com
Khusus Penyelamatan Data storage Media Internasional

Konsultasi Gadget
Khusus Diskusi IT